Friday, June 25, 2010

Penderita HIV/AIDS di Bali 3.047 Orang


Denpasar - Kasus HIV/AIDS telah tersebar di seluruh kabupaten/kota se-Bali. Tercatat pengidap penyakit itu hingga Agustus 2009 sebanyak 3.047 orang. Sekitar 66 persen ditularkan oleh pekerja seks komersial. Demikian data yang disampaikan Komisi Penanggulangan AIDS atau KPA Bali pada hari AIDS se-dunia, Selasa (1/12/2009). KPA memperkirakan bertambahnya pengidap HIV/AIDS di Bali berasal dari kalangan anak dan remaja. Dari 3.047 kasus, sekitar 47 persen merupakan orang berusia 20-29 tahun dan dua persen di antaranya berusia 15-20 tahun. Berdasarkan data KPA Bali, kasus HIV/AIDS telah tersebar di seluruh kabupaten/kota di Bali. Dari 3.047 kasus yang terpantau, misalnya, sekitar 66 persen tertular akibat hubungan heteroseksual yang juga ditularkan oleh pekerja seks komersial yang bekerja di kafe-kafe hingga ke pedesaan.

Koordinator Kelompok Kerja Humas dan Informasi KPA Provinsi Bali dr Mangku Karmaya menyatakan bakal melakukan program mitigasi bagi anak-anak korban langsung maupun yang orang tua mereka tertular HIV/AIDS. Tujuannya menghindarkan mereka dari stigma dan diskriminisasi.
Program mitigasi yang telah dijalankan selama adalah pada anak yatim-piatu yang orang tuannya meninggal akibat infeksi HIV/AIDS. "Jangan sampai anak-anak ini menjadi korban untuk kedua kalinya," kata Karmaya di kantornya, Jalan Melati, Denpasar, Selasa (1/12/2009). Selain itu, KPA Bali menyusun program pengadaan klinik konseling dan tes (VCT) HIV/AIDS. Targetnya, terdapat 50 persen klinik VCT dari total 115 Puskesmas di Bali pada tiga tahun mendatang.

0 comments:

Tidak dapat menemukan yang anda cari? Gunakan Google Search !!!

Template by : kendhin x-template.blogspot.com